Pengertian Algoritma Sebelum melakukan pekerjaan, sangat diperlukan sebuah pengenalan terhadap konsep pekerjaan guna memahami cara mencapai target pekerjaan yang akan dicapai nanti. Pekerjaan akan lebih mudah dikerjakan apabila permasalahan dan alut pekerjaan jelas dan dimengerti. Algoritma merupakan fondasi yang harus dipahami atau dikuasai oleh seseorang yang akan menyelesaikan suatu masalah dengan komputer, dalam hal ini dengan membuat program. Membangun sebuah program pada dasarnya adalah membuat alat bantu untuk menyelesaikan suatu masalah. Sebelum kita dapat menghasilkan program yang mampu membantu kita menyelesaikan masalah tersebut, kita dihadapkan pada 3(tiga) tahapan pokok yaitu : Memahami permasalahan dan tujuan sebuah program dibuat. Pada tahap ini kita harus mampu mengidentifikasi jenis, bentuk dan karakteristik input serta output...
Perulangan adalah suatu proses eksekusi statemen-statemen dalam sebuah program secara terus-menerus sempai terdapat kondisi untuk menghentikannya. Operasi perulangan / looping selalu dijumpai di dalam berbagai bahasa pemrograman, hal tersebut karena struktur perulangan akan sangat membantu dalam efisiensi program. Sebelum kita membahas 3 macam perulangan, pertama-tama kita pelajari terlebih dahulu konsep perulangan secara mendasar dengan memperhatikan program dibawah ini : Di atas adalah konsep sederhana dari perulangan MACAM STRUKTUR PERULANGAN C++ Stuktur Perulangan For Struktur perulangan jenis for biasanya digunakan untuk melakukan perulangan yang telah diketahui banyaknya. Biasanya jenis perulangan for dianggap sebagai jenis perulangan yang paling mudah dipahami. Bila ingin melakukan perulangan for maka kita harus menulis strukturnya : Untuk melakukan perulangan dengan menggunakan struktur perulangan fo...
Variabel adalah penanda identitas yang digunakan untuk menampung suatu nilai. Setiap variabel memiliki nama yang dipakai sebagai identitas variabel. Sesuai dengan namanya, isi variabel bisa berubah sepanjang kode program. Sebagai contoh, jika kita ingin membuat program menghitung luas persegi, maka bisa menyiapkan variabel panjang dan lebar yang di isi angka 10 dan 12. Nantinya isi variabel panjang dan lebar bisa ditukar dengan angkar 30,45,atau angka lain. Variabel juga biasa dipakai untuk menampung nilai inputan, misalnya jika kita ingin nilai panjang dan lebar diisi oleh user. Aturan Penamaan Variabel dalam Bahasa C++ Berikut ini aturan penamaan variabel di dalam bahasa pemrograman C++ : Variabel bisa terdiri dari huruf, angka dan karakter underscore / garis bawah (_) Karakter pertama dari variabel hanya boleh berupa huruf dan underscore(_), tidak bisa berupa angka. Meskipun dibolehkan, sebaiknya tidak mengguna...
Comments
Post a Comment